agen tiket pesawat

14 café/restoran di Semarang dengan pemandangan paling keren!

Tak banyak tempat di Indonesia yang memiliki bentang alam sangat beragam seperti Semarang. Berada di pesisir utara provinsi Jawa Tengah, panorama laut yang indah bukanlah satu-satunya pesona alam yang memikat para pengunjung. Kalau Anda ingin mencari hawa  yang lebih sejuk dan menyegarkan, beberapa wilayah dataran tinggi di Semarang menawarkan suasana yang tak kalah asik dibandingkan dengan kawasan Puncak. Bahkan jika melipir sedikit ke pinggiran kota, Anda akan menemukan panorama pegunungan yang masih asri dan bebas macet. Sangat cocok untuk tempat “mengungsi” sejenak dari keriuhan kota.

Tidak ingin pergi terlalu jauh dari pusat kota? Tenang, pemandangan gemerlap metropolitan modern yang berpadu dengan warisan budaya pun bisa jadi pilihan untuk menghabiskan waktu santai sambil mencicipi seporsi penganan khas penggugah selera.

Cara paling asik untuk menikmati setiap sudut Semarang yang keren itu salah satunya lewat tempat-tempat makan dengan view terbaik.

Nah, tunggu apa lagi? Segera longgarkan ikat pinggang dan bawa serta kamera kesayangan Anda untuk mencoba makanan lezat sekaligus mengabadikan pemandangan paling yahud di Semarang!

1. Perpaduan antara nuansa tradisional, keindahan alam, dan galeri antik : Joglo Agung Resto and Gallery

Apabila sudah mulai jenuh dengan kebisingan di pusat kota, maka tempat yang satu ini sangat pas untuk sejenak bersantai sekaligus memuaskan hasrat kuliner Anda.

Resto yang berkonsep tradisional namun berkesan mewah ini memadukan antara tempat makan, galeri benda-benda antik dan unik, serta keindahan alam pegunungan yang begitu menawan. Setiap sudutnya bakal cantik untuk jadi background foto-foto

2. Primadona wisata dengan panorama alam yang komplit: Eling Bening

Daya tarik utama dari kawasan wisata yang sedang naik daun ini adalah karunia alam nan memesona sejauh mata memandang, berupa pepohonan rindang, hamparan sawah, perkebunan kopi, deretan pegunungan yang memanjakan mata, serta telaga Rawa Pening yang melegenda.

Selain pesona alam yang memikat, kawasan wisata ini juga menyediakan fasilitas yang cukup lengkap, seperti kolam renang, area outbound, bumi perkemahan, playground  anak play ground anak, meeting room, hill tracking area, archery area, flying fox, serta kafe & restoran.

Berbagai menu nusantara yang diolah oleh para chef berpengalaman bisa Anda nikmati di sini. Aneka ikan bakar, aneka sup, rawon, soto, sate, Ayam Taliwang, mie lontong, dan banyak lagi.

Kombinasi antara santapan lezat, beragam aktivitas seru, dan panorama alam yang menakjubkan tentu menjadi formula ideal untuk liburan yang tak akan terlupakan, jauh dari hiruk pikuk kota besar. Menyejukkan tak hanya bagi tubuh tapi juga pikiran.

Karena sedang happening, kami sarankan untuk berkunjung ke sini di luar akhir pekan, agar tidak terlalu ramai dan Anda bisa dengan tenang meresapi anugerah Tuhan yang luar biasa ini.

Eling Bening

Lokasi: Jl. Kartini Tambakboyo, Ambarawa, Kabupaten Semarang
Telepon: 0857 2956 5656
Jam Operasional: 09.00 – 22.00

3. Mengajak anak-anak lebih dekat dengan alam: Cimory on The Valley

Anda tentu sudah familiar dengan restoran Cimory yang ada di kawasan Puncak atau aneka produk yoghurt Cimory yang banyak ditemukan di supermarket.  Kini, di Semarang Anda bisa menemukan restoran serupa di Kecamatan Bawen, Kabupaten Semarang.

Konsepnya sendiri kurang lebih sama dengan yang ada di Puncak, yaitu suasana alam dan pedesaan. Bedanya, kalau ke sini Anda tak perlu melalui macet berjam-jam!

Terdapat area kebun dan peternakan dengan latar belakang hamparan sawah dan pepohonan yang begitu asri. Anda dapat menikmatinya sambil duduk santai di ayunan atau menjelajah bersama buah hati. Apalagi ada banyak hewan yang bisa dilihat di sini, seperti sapi, kelinci, ayam kalkun, rusa, marmut, aneka burung, hingga ikan raksasa. Ada pula arena khusus bermain untuk si kecil.


Puas menjelajah dan berkeliling, saatnya mengisi perut yang kosong dengan berbagai menu ala Barat, Oriental juga Indonesia, seperti Assorted Mini Grilled Sausages, Rugby Cheese Sausages, atau Soto Mie panas yang pas dinikmati di tengah udara sejuk.

Khusus akhir pekan, area peternakan dan perkebunan dibuka untuk umum dengan membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000,- Untuk pengalaman yang lebih komplit, Anda juga dapat mengikuti Cimory Dairy Tour. Selain keliling peternakan dan perkebunan, peserta akan diajak melihat aktivitas produksi di dalam pabrik. Biayanya hanya Rp65.000,-/orang sudah termasuk makan siang, welcome drink juga goody bag.

Cara yang fun untuk membuat anak-anak lebih dekat dengan alam sekitar!

Cimory on The Valley
Lokasi: Jalan Raya Soekarno Hatta KM 30, Bawen, Kabupaten Semarang
Telepon: 024-692 1818
Jam Operasional: 08.00 – 22.00


4. Keindahan seni dan kuliner dalam suasana masa lalu: KoenoKoeni Café Gallery

Kata ‘Koeno’ berarti kuno alias jadul dan ‘Koeni’ berarti kuno sekali. Tentu sudah bisa ditebak bahwa di sini Anda akan diajak melintasi waktu ke masa lalu lewat dekorasi dan interior yang serba lawas, dan antik.

Arsitekturnya sendiri berupa pendopo joglo yang kaya akan ukiran dan furnitur-furnitur yang biasa ditemukan di rumah-rumah tempo doeloe. Masuk ke restoran yang sangat luas ini rasanya seperti mengunjungi museum, karena Anda akan menjumpai ratusan benda-benda antik, mulai dari kamera, radio, telepon, mesin ketik, sampai motor-motor jadul! Pantas saja kalau disebut café gallery.

Ada 2 macam menu yang disediakan di sini, yaitu Menu Jawa dengan Nasi Campur KoenoKoeni yang jadi favorit, serta Menu Barat seperti Wagyu Beef on Hot Stone. Pilihan minumannya pun cukup beragam, termasuk bermacam jenis jamu tradisional Jawa!

Kafe ini memiliki area makan indoor dan outdoor yang sama-sama nyamannya. Berlokasi di dataran tinggi, saat makan malam di sini Anda pun bisa melihat gemerlap lampu Kota Semarang di kejauhan. Pasti betah deh menghabiskan waktu berlama-lama.

Meskipun kesannya sangat serius, namun Anda yang membawa anak-anak tak perlu waswas, pasalnya KoenoKoeni menyediakan area bermain anak, juga pilihan menu untuk si kecil.

Sebelum pulang, jangan lupa untuk berbelanja oleh-oleh khas Jawa seperti kain batik yang sangat indah yang juga dijual di sini.

KoenoKoeni Café Gallery
Lokasi: Jl. Tabanan No. 4, Candi Baru, Semarang, Jawa tengah

5. Tempat nongkrong favorit sambil makan es krim: Lind’s Ice Cream Café & Resto

Kalau Anda bertanya pada setiap warga Semarang di mana tempat es krim yang paling enak, pasti sebagian besar langsung spontan menjawab Lind’s.

Ya, saking terkenalnya kini sampai dibuka beberapa cabang lainnya dengan kualitas menu yang dijamin memuaskan. Namun kalau Anda ingin makan es krim sambil menikmati city view  yang keren, maka pilih outlet yang ada di Jalan Papandayan ini.

Suasana di dalam restoran yang terdiri dari 3 lantai ini terasa begitu romantis, jadi sangat cocok untuk Anda yang hendak melewati malam berduaan dengan si dia. Apalagi begitu melangkahkan kaki keluar dari lift ke lantai 3, Anda akan langsung disambut oleh indahnya gemerlap lampu malam perkotaan Semarang dan langit yang bertabur bintang.

Menu spesial di sini sudah pasti es krim homemade yang begitu lembut dan creamy. Ada Fullmoon Wafel – es krim yang disajikan dengan wafel, Chocolate Volcano – es krim dengan biskuit dan topping ceri serta saus cokelat, atau yang lebih klasikk seperti Banana Split, ice cream scoop berbagai rasa.

Tapi kalau Anda ingin mencari makanan berat, di sini juga tersedia pizza, steak, pasta, sandwich, Sop Buntut Goreng, dan lain sebagainya.

Kata siapa malam-malam tidak boleh makan es krim?

Lind’s Ice Cream Café & Resto
Lokasi: Jl. Papandayan No. 99, Gajahmungkur, Semarang, Jawa Tengah


6. Menikmati suasana laut sambil bersantap: Kampung Laut Semarang

Sebagai kota yang berada di tepi laut, tentu Anda tak ingin melewatkan menyantap hidangan seafood yang segar sambil merasakan hembusan angin laut ketika liburan ke Semarang.

Dengan bangunan yang didominasi dari unsur kayu beratapkan ilalang, saat makan di sini Anda seolah dibawa ke sebuah perkampungan nelayan tradisional, lengkap dengan dermaga dan perahu!

Konsep rumah-rumah apung yang terhubung dengan jembatan kayu juga memungkinkan para pengunjung untuk bersantap sembari melihat pemandangan laut yang menenangkan.

Anda bebas memilih untuk duduk di area dek kayu yang terbuka, lesehan, atau saung pribadi (ada biaya minimum). Pokoknya, dimanapun duduknya, dijamin Anda tetap akan mendapatkan view terbaik baik siang maupun malam hari.

Menu andalan di Kampung Laut Semarang antara lain Ikan Patin Bakar Bumbung, Gurame Asam Manis, Grilled Salmon with Taragon Sauce, atau Udang Mayonnaise. Selain itu, ada juga sajian yang mungkin jarang Anda temui di restoran seafood tradisional lain, seperti ikan hiu sampai sup bibir ikan!

Oh ya, tempat ini juga sangat cocok untuk dikunjungi bersama keluarga. Tak hanya menyediakan tempat makan, di Kampung Laut juga terdapat fasilitas pemancingan dan arena bermain anak-anak. Jadi, setelah kenyang Anda pun bisa langsung bersantai sambil memancing ikan sementara si kecil asik bermain.

Kampung Laut Semarang
Lokasi: Komplek Puri Maerokoco, PRPP Jawa Tengah, Jalan Anjasmoro, Tawang Mas, Kota Semarang, Jawa Tengah

7. Dinner romantis di atas bukit: The Hills Dining Restaurant

Bisa diilang, inilah salah satu restoran dengan suasana paling romantis yang ada di Semarang.  Makanya tak heran kalau tempat ini kerap dijadikan lokasi untuk private romantic dinner hingga resepsi pernikahan di area tamannya yang luas.

Seperti namanya, The Hills Dining Restaurant berada di sebuah bukit yang ada di kawasan perumahan elit Semarang. Di sini pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan taman hijau yang menyejukkan hati serta kelap-kelip lampu kota saat malam menjelang.

Meskipun area indoor akan terasa lebih hangat, namun makan malam di area outdoor lebih kami anjurkan jika Anda ingin makan malam romantis berdua orang tercinta ditemani pendaran cahaya lilin sambil memandangi Kota Semarang dari ketinggian.

Membawa konsep fine dining, soal kualitas makanan tak perlu diragukan lagi. Dari menu Western seperti steak, pasta, pancakes hingga menu Asia seperti Ayam Goreng Rica-Rica sampai sushi semuanya disajikan dengan sangat cantik di atas piring Anda.

Sebagai penutup, cobalah Lava Cake with Ice Cream dengan filling cokelat yang langsung lumer begitu Anda menyendoknya. Yummy!

The Hills Dining Restaurant
Lokasi: Jl. Bukit Baladewa 22 -24, Semarang, Jawa Tengah
Telepon: 024-7036 3636

8. Menikmati kopi di atas awan: Pondok Kopi Umbul Sidomukti

Sebagai pecinta kopi sejati, tentu Anda tak mau melewatkan merasakan pengalaman ngopi di lereng gunung dengan pemandangan yang selalu indah baik pagi, siang, sore maupun malam.

Tempat nongkrong asik ini terletak di lereng gunung, di ketinggian sekitar 1.200 meter di atas permukaan laut. Rasanya seperti negeri di atas awan! Perpaduan antara hangat dan harumnya aroma kopi dengan udara pegunungan yang bersih dan sejuk tentu membuat segalanya tambah nikmat.

Ada tiga area tempat duduk yang terdapat di Pondok Kopi Umbul Sidomukti, yaitu di dalam ruangan, di teras, serta di halaman yang terbuka.

Meskipun bernama pondok kopi, namun opsi minuman yang ditawarkan cukup beragam. Selain kopi ada minuman tradisional penghangat tubuh yang cocok dinikmati di tengah hawa sejuk (bajigur, sekoteng, bandrek, wedang jahe), cokelat panas juga teh poci. Sedangkan makanannya antara lain roti bakar, pisang bakar, French fries, bakmi goreng, sampai paket nasi. Pokoknya tak perlu takut kelaparan. Apalagi harganya amat sangat terjangkau!

Dengan hawa yang menyejukkan ini rasanya tak ingin buru-buru pulang ya? Tenang saja, Anda bisa menginap di vila yang juga terdapat di area pondok kopi tersebut. Fasilitas yang ada di kawasan wisata ini pun cukup lengkap untuk liburan bersama keluarga. Ada arena flying fox, sepeda down hill, ATV, kolam renang, juga berkuda.

Bagaimana? Yuk segera berkemas dan pergi ke sana sekarang juga!

Pondok Kopi Umbul Sidomukti
Lokasi: Desa Sidomukti-Jimbaran, Kec. Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah

9. Tempat makan favorit sang juara dunia: Gubug Makan Mang Engking

Jangan tertipu oleh bangunan bergaya kolonial yang menyambut Anda ketika berkunjung ke restoran ini. Karena begitu memasuki ke bagian belakangnya, keadaannya langsung berubah 180 derajat.

Suasana khas pedesaan langsung menyeruak dengan deretan saung beratapkan ilalang yang berdiri di atas kolam ikan, dengan suguhan hamparan sawah, serta Gunung Ungaran yang begitu cantik.

Sama seperti ‘saudaranya’ yang ada di Jogja, Bandung atau Bali, sajian yang ditawarkan di sini adalah hidangan bercita rasa Indonesia dengan menu andalan berupa ikan-ikanan, kepiting, udang, serta cumi dalam berbagai macam olahan.

Areanya yang cukup luas plus arena bermain mini memungkinkan anak-anak untuk sibuk sendiri, sementara Anda asik duduk lesehan di dalam saung menikmati atmosfer pedesaan yang tenang dan menyegarkan.

Rugi deh kalau tidak meluangkan waktu berkunjung ke sini. Bahkan petinju juara dunia sekaliber Manny Pacquiao saja sudah pernah!

Gubug Makan Mang Engking
Lokasi: Jl. Diponegoro No. 249, Ungaran, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah

10. Atraksi memikat di dalam dan luar ruangan: Nestcology Land of Gastronomy

Mengusung slogan “One Stop Dining Experience”, restoran baru yang sedang hits di Semarang ini menjanjikan pengalaman menarik kepada setiap tamunya.

Terletak di dataran tinggi, tepatnya di Jalan Tambora, sudah pasti Anda bisa menikmati landscape Kota Semarang yang spektakuler dari area teras maupun dalam ruangan yang dilengkapi dengan jendela-jendela besar.

Eits, pemandangan keren bukan hanya ada di luar saja lho. Interior restoran bergaya industrial ini juga sangat Instagrammable! Dinding bata, mural, hingga sangkar burung memberi sentuhan yang begitu artistik. Wajar saja, mengingat sang head chef sekaligus owner-nya Ernest Christoga, adalah putra dari desainer kebanggaan Indonesia, Anne Avantie.

Ditambah lagi dengan adanya open kitchen sehingga pengunjung bisa melihat para juru masak menyiapkan menu istimewa dengan cara penyajian yang unik, seperti Shredded Chicken Slider yang menggunakan wadah kayu, Sukiyaki Wagyu Pizza, Croquembouche, Crazy Rice atau Hazelnut Butter and Grilled Chicken.

Selain makanan berat bercita rasa Eropa dan Asia, Nestcology juga menawarkan aneka snack, appetizer, dessert, mocktail, dan tak ketinggalan adalah berbagai racikan kopi atau paket high tea yang untuk dinikmati saat kongkow santai di sore hari.

Saat berkunjung ke sini, jangan ragu untuk mengobrol dengan sang chef atau para barista yang sangat ramah. Karena sekali lagi, mereka menjanjikan pengalaman kuliner yang tak terlupakan bagi para tamu.

Nestcology Land of Gastronomy
Lokasi: Jl. Tambora no. 5A, Semarang, Jawa Tengah

11. Makan sambil berenang di infinity pool tertinggi di Indonesia: Sky Pool Bar

Tak perlu sirik ketika melihat teman Anda mengunggah foto saat bersantai di infinity pool Marina Bay Sands Hotel Singapura yang tersohor itu, karena kini Anda pun bisa melakukannya tanpa repot mengeluarkan paspor (dan tak seramai di Singapura)!

Terletak di lantai 30 Star Hotel Semarang dengan ketinggian 97 meter, kolam renang Sky Pool yang ada di hotel ini tercatat dalam Museum Rekor Indonesia sebagai kolam renang terbuka di hotel tertinggi di Indonesia.



Dan asiknya lagi, untuk bisa bersantai di sini Anda tak perlu menginap di hotel. Setiap hari tersedia sajian buffet dengan tema yang berbeda, mulai dari Asian, Indonesian, Western, Italian, dan American yang pastinya akan menggoyang lidah Anda.

Menyenangkan bukan, setelah makan, Anda bisa ngadem di kolam renang memandangi keindahan Kota Semarang atau bermalas-malasan di atas floaties.

Sky Pool Bar
Lokasi: Star Hotel Semarang, Jl. MT Haryono No. 972, Semarang Selatan, Jawa Tengah

12. Berbagai pilihan sosis dengan kelezatan bintang lima: Vien’s Resto Sausage & Steak

Pasti Anda sering memesan menu sosis yang rasanya aneh karena terlalu banyak bahan pengawet. Nah, di tempat ini Anda tak akan mengalaminya!

Sebagai menu jagoan, semua sosis di sini adalah homemade alias buatan sendiri dengan bahan daging sapi, kambing serta ayam yang segar serta kulit dari usus sapi asli. Dan pastinya, tanpa bahan pengawet.



Kalau selera makan Anda cukup besar, pesanlah Beef/Chicken Big Daddy yang ukurannya cukup wow! Ingin citarasa yang sedikit berbeda? Maka Lamb Chorizo dengan bumbu khas Spanyol akan membuat Anda ketagihan. Tersedia pula Veggie Sausage untuk Anda yang ingin tidak terlalu merasa ‘bersalah’.

Tapi, jangan lupa sisakan ruang di perut Anda untuk dessert-nya yang tak kalah lezat: Red Velvet dengan Ice Cream atau Homemade Viens Apple Strudel (bisa dua-duanya kalau Anda kuat!).

Waktu yang paling tepat untuk berkunjung ke sini adalah di malam hari, karena Anda bisa melihat kelap kelip lampu Kota Semarang dari ketinggian dari area balkon belakang.

Vien’s Resto Sausage & Steak
Lokasi: Jl. Taman Singotoro No. 14, Candisari, Semarang, Jawa Tengah

13. Bukan untuk Anda yang sedang berdiet: Carnivor Sky Bar & Grill

Lokasinya yang berada di lantai teratas gedung Hotel Grand Edge memungkinkan para pengunjung bisa menikmati panorama menawan landscape  Kota Semarang sambil berpesta barbeque.

Kalau Anda adalah seorang vegetarian, ada baiknya menghindari tempat makan yang satu ini, karena menu-menu yang disajikan bakal menggoyahkan “iman” Anda.



Ada puluhan menu Western terbaik yang tersedia di Carnivor, mulai dari steak, pizza dan pasta yang kebanyakan berbahan daging, seperti Beef Ribs, Carnivor Meat Craver, Beef Tenderloin Pasta, Mighty 5 Burger juga Smoked Pork Chop.

Tak ketinggalan yang paling jadi favorit adalah hidangan penutupnya yang tidak akan Anda temukan di tempat lain: S’more Dip Crack, yaitu biskuit renyah yang disantap dengan marshmallow hangat yang meleleh di mulut.

Pemandangan yang cantik, astmosfer yang seru, makanan dalam porsi besar, serta koleksi wine yang berkualitas membuat Carnivor sangat asik untuk jadi tempat nongkrong bersama pasangan atau teman-teman.

Carnivor Sky Bar & Grill
Lokasi: SL Floor, Grand Edge Hotel, Jl. Sultan Agung 96, Semarang, Jawa Tengah

14. Kemewahan di ketinggian 60 meter: The Sky Line Lounge & Exclusive Dining

Ingin melihat pemandangan eksotis Simpang Lima, Masjid Agung Semarang, sampai Pelabuhan Tanjung Mas sambil ditemani segelas cocktail dan alunan musik akustik? Maka segeralah beranjak ke The Sky Line Lounge & Exclusive Dining.

Terletak di lantai 17 Gumaya Tower Hotel, The Sky Line menawarkan romantisme nan elegan di ketinggian. Corak interior yang dominan dengan warna cokelat, putih, hitam, dan keemasan memberikan kesan mewah dan eksklusif.



Hampir di setiap sisi restoran terdapat dinding kaca raksasa transparan setinggi 6 meter sehingga memungkinkan Anda bisa menikmati lansekap Kota Semarang dengan sudut pandang 270 derajat. Jika tidak berawan, Anda bahkan bisa melihat panorama gunung hingga laut sekalipun!

Berencana merayakan hari jadi dengan kekasih? Cobalah ambil paket Romantic Dinner yang sudah termasuk sebotol wine, flower bouquet, serta meja yang ditata khusus.

Yup, penikmat minuman beralkohol akan sangat dimanjakan dengan koleksi wine impor asal Eropa dan Australia serta sochu (minuman khas Jepang) sebagai pendamping hidangan bercitarasa mewah, seperti Meltique Rib Eye Steak, Linguarian Style Chicken, atau Salmon ala Normande.

The Sky Line Lounge & Exclusive Dining

Lokasi: 17th Floor, Gumaya Tower Hotel Semarang, Jl. Gajah Mada No. 59-61, Semarang, Jawa Tengah

Siapa yang menduga ternyata di Semarang ada banyak sekali tempat makan yang menarik untuk dikunjungi. Setelah membaca ini tentu Anda tak perlu pusing lagi mencari tempat nongkrong yang asik untuk berkumpul dengan keluarga atau teman-teman. Di antara tempat di atas, mana saja yang sudah pernah Anda coba?

Sumber artikel & foto > indonesia.tripcanvas.co

Harga Paket Wisata bisa di Download Pada Menu Download

 

Premium Free Joomla Templates by MightyJoomla | Design Inspiration NewWPThemes